Minggu, 22 Juli 2012

MACULAR DEGENERATION


  • DEFINISI
Degenarasi Makula merupakan suatu keadaan dimana makula mengalami kemunduran sehingga terjadi penurunan tajam penglihatan dan kemungkinan akan menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan sentral. Makula adalah pusat dari retina dan merupakan bagian dari retina yang memungkinkan mata melihat detil-detil halus pada pusat lapang pandang.

  • PENYEBAB
Degenerasi terjadi sebagai akibat dari kerusakkan pada epitel pigmen retina. Epitel pigmen retina adalah lapisan pemisah antara retina dan koroid (lapisan pembuluh darah di belakang retina). Fungsi dari epitel pigmen retina adalah sebagai penyaring yang menentukan zat gizi dari koroid yang sampai ke retina. Bagian dari darah yang berbahaya bagi retina dibuang/dijauhkan dari retina oleh epitel pigmen retina. Kerusakkan pada epitel pigmen retina mempengaruhi metabolisme retina, terjadi penipisan retina sehingga memungkinkan masuknya bahan yang berbahaya dari darah ke dalam retina dan menyebabkan kerusakkan serta pembentukkan jaringan parut. Degenerasi makula terjadi pada usia lanjut, cenderung diturunkan, lebih banyak ditemukan pada orang kilit putih dan tampaknya lebih sering ditemukan pada perokok.
  • GEJALA DAN TANDA
Secara tiba-tiba ataupun secara perlahan akan terjadi kehilangan fungsi penglihatan tanpa rasa nyeri. Kadang gejala awalnya berupa gangguan penglihatan pada salah satu mata, dimana garis yang sesungguhnya lurus terlihat bergelombang. Degenerasi makula menyebabkann kerusakan penglihatan yang berat (misalnya kehilangan kemampuan utuk membaca atau mengemudi), tetapi jarang menyebabkan kebutaan total. Penglihatan pada tepi luar dari lapang pandang dan kemampuan untuk melihat warna biasanya tidak terpengaruhi, yang terkena hanya penglihatan pada pusat lapang pandang.

  • DIAGNOSA
Diagnosa ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk menilai retina, yaitu :
  > Ketajaman Penglihatan
  > Tes Refraksi
  > Respon Reflex Pupil
  > Pemeriksaan Slit Lamp
  > Fotografi Retina





  • TREATMENT
Jika di dalam atau di sekeliling makula ditemukan pertumbuhan pembuluh darah baru, dilakukan fotokoagulasi laser untuk menghancurkannya. Tidak ada pengobatan khusus untuk degenerasin makula, pemberian seng atau zat zinc dapat memperhambat perkembangan penyakit. Pada stadium awal, dapat dilakukan pembedahan laser untuk membekukan pembuluh darah koroid yang merembes keretina. Pilihan pengobatan lainnya adalah fotodinamik, dimana pengobatan laser dilakukan setelah penyuntikan zat warna untuk menambah kepekaan pembuluh darah yang merembes terhadap sinar laser.

Tindakan Preventif jika ada anggota keluarga yang menderita degenerasi makula, sebaiknya para perokok segera berhenti merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar